Tanah Obyek Landreform

Tanah – tanah yang dikuasai negara sebagai obyek pengaturan penguasaan tanah (obyek landreform) yang akan didistribusikan kepada para petani penggarap, yaitu :

    • Tanah kelebihan batas maksimum, yaitu tanah yang melebihi batas ketentuan yang boleh dimiliki oleh seseorang atau satu keluarga. Luas batas maksimum ditentukan per daerah tingkat II dengan memperhatikan faktor jumlah penduduk, luas daerah, dan sebagainya. Daerah tersebut dibagi menjadi daerah yang tidak padat dengan pemilikan maksimum 20 hektare, cukup padat maksimum 9 hektare dan sangaat padat maksimum pemilikannya 6 hektare.
    • Tanah absentee, yaitu tanah pertanian yang pemiliknya bertempat tinggal di luar kecamatan letak tanah dan kecamatan tersebut letaknya tidak berbatasan.
    • Tanah bekas swapraja, yaitu tanah bekas wilayah kerajaan atau kesultanan, yang dengan UUPA beralih menjadi tanah negara Republik Indonesia
    • Tanah negara lainnya yang merupakan tanah pertanian yang telah digarap rakyat yang ditegaskan oleh Menteri (sekarang Menteri Negara Agraria/Kepala BPN) sebagai obyek landreform adalah :
    • Tanah yang terkena UU No. 1 Tahun 1958, yaitu tanah partikelir dan hak eigendom lebih 10 bouw yang di jaman penjajahan dimiliki tuan – tuan tanah
    • tanah bekas perkebunan (bekas hak erfpacht atau HGU)
    • Tanah bekas hak ulayat masyarakat hukum adat, bekas tanah kehutanan, dan tanah negara bebas

Untuk tanah yang ebrasal dari kelebihan maksimum, absentee, dan tanah swapraja, penegasannya ditetapkan Kepala Kantah setempat. Sedangkan redistribusinya ditetapkan oleh Kepala Kanwil BPN. Untuk tanah – tanah yang berasal dari tanah yang langsung dikuasai negara, akan dijadikan obyek landrefom harus ditegaskan telebih dahulu oleh Kepala BPN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s